News Ticker

DPT Kabupaten Semarang Berkurang 1.071 Orang

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014 mendatang di Kabupaten Semarang, mengalami pengurangan hingga 1.071 pemilih.

 

Hal itu terungkap dari hasil perbaikan Jumlah DPT Pemilu DPR, DPD dan DPRD yang ditetapkan KPU Kabupaten Semarang dan telah ditetapkan 1 September 2013. Sebelumnya, jumlah DPT di Kabupaten Semarang yang ditetapkan 1 September teratat mencapai 748.461 pemilih.

 

“Setelah dilakukan perbaikan, jumlah DPT berkurang menjadi 747.390 pemilih,” ujar Ketua KPU kabupaten Semarang, Agoes Hasto Oetomo, di Ungaran, Minggu (13/10).

 

Menurut Agoes, pengurangan jumlah pemilih Pemilu DPR, DPD dan DPRD di Kabupaten Semarang disebabkan oleh beberapa faktor. Antara lain karena adanya warga terdaftar yang sudah meninggal dunia, pindah domisili, menjadi TNI/Polri serta sakit jiwa. Selain adanya pengurangan ini, KPU kabupaten Semarang juga mencatat terjadinya penambahan pemilih dari luar daerah yang pindah ke Kabupaten Semarang.

 

Masalah tersebut dibenarkan Divisi Pemutakhiran Data Pemilih, Guntur Suhawan, usai rapat pleno penetapan rekapitulasi perbaikan DPT Pemilu DPR, DPD dan DPRD 2014 di KPU Kabupaten Semarang, sehari sebelumnya.

 

Dijelaskannya, dalam proses perbaikan DPT diketahui ada 716 orang meninggal dunia, 865 orang pindah domisili, tujuh orang menjadi anggota TNI/Polri dan enam orang menderita sakit jiwa.

 

Sementara, penambahan pemilih dari luar daerah yang pindah domisili di Kabupaten Semarang sebanyak 965 orang, pemilih pemula 97 orang dan perubahan status dari TNI/Polri menjadi warga sipil karena pensiun sebanyak 15 orang.

Suarakarya

Leave a comment

Your email address will not be published.

*