News Ticker

Ravi Murdianto, Kiper Masa Depan Indonesia Dari Grobogan

ravi-Murdianto-Kiper-Timnas-Indonesia-U19Muda, gagah, dan berbakat, barangkali itulah gambaran bagi sosok penjaga gawang Timnas Indonesia U19 yang sedang naik daun, Ravi Murdianto. Ya, nama kiper belia asal Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, tersebut dielu-elukan sebagai pahlawan Timnas Indonesia U19 saat menjuarai AFF Cup U19 2013beberapa waktu lalu.

Bagaimana tidak? Berkat ketangguhan dan konsistensi yang ditunjukkan oleh Ravi Murdianto sepanjang 90 menit plus dua kali 15 menit di sesi perpanjangan waktu hingga babak adu penalti, persepakbolaan Indonesia akhirnya mampu meraih prestasi setelah sekian lama terpuruk tanpa kebanggaan.

Ravi Murdianto lahir di sebuah desa kecil bernama Tegowanu Kulon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, pada 8 Januari 1995. Saat kelas 2 SD, ia diposisikan sebagai gelandang dan terkadang menjadi penyerang. Namun, dua tahun kemudian, Ravi Murdianto mantap menjalani peran sebagai seorang penjaga gawang.

Anak dari keluarga sederhana ini memulai kiprahnya bersama SSB Putra Bersemi di kampung halamannya. Kemudian, pindah ke SSB Tugumuda Semarang sebelum akhirnya lolos seleksi Diklat Salatiga yang memang menjadi penghasil pesepakbola berbakat, dari Ronny Paslah, Iswadi Idris, Andi Lala, KurniawanDwi Yulianto, hingga Bambang Pamungkas.

Dua tahun di Diklat Salatiga, kiper Perserang Banten ini ditarik ke Diklat Ragunan. Di sinilah karir pengidola Gianluigi Buffon dan Ferry Rotinsulu ini di Timnas Indonesia dimulai, dari U17, U18, hingga menjadi kiper utama Timnas IndonesiaU19. Saat masih di skuat Timnas Indonesia U17 pun, Ravi Murdianto turut mengantarkan timnya menjuarai turnamen internasional di Hongkong.

Kemunculan Ravi Murdianto tak ayal semakin menambah semarak jajaran kiper potensial Timnas Indonesia di seluruh jenjang usia. Sebelumnya telah ada Kurnia Meiga, Andritany Ardhiyasa, Shahar Ginanjar, juga Aji Saka, yang kesemuanya juga sangat berbakat dan masih berusia muda.

Sidomi

Leave a comment

Your email address will not be published.

*