News Ticker

Produksi Tinggi, Pengusaha Tahu di NTB Pakai Kedelai Lokal

Produksi kedelai tinggi, pengusaha tahu di Nusa Tenggara Barat (NTB) lebih banyak menggunakan kedelai lokal sebagai bahan dasar.

Keadaan demikian, diakui Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Holtikultura provinsi NTB, Budi Subagio setelah dikuatkan beberapa temuan data di lapangan.

“Memang kalau para pengusaha tempe di NTB lebih banyak menggunakan kedelai impor, tapi kalau para pengusaha tahu mereka lebih banyak menggunakan kedelai lokal. ”Kata Budi Subagio.

Menurut Budi, sebaiknya pengusaha tahu dan tempe di NTB lebih baik menggunakan kedelai lokal, lantaran pertumbuhan kedelai lokal dari tahun ke tahun selalu membaik.

”Produksi kedelai di NTB dari tahun ke tahun semakin bagus, tahun ini kedelai lokal mencapai 80 ribu ton bila dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 70 ribu ton.” kata Budi.

Dengan begitu, para pengusaha tidak perlu lagi mengeluhkan soal langka dan mahalnya harga kedelai impor, karena kedelai lokal tidak akan habis bila digunakan hanya sekedar untuk produksi tahu dan tempe.

“Kebutuhan kita di NTB hanya berkisar 30 ribu ton.” ungkap Budi. lombokita

Leave a comment

Your email address will not be published.

*